Senin, 28 November 2011

SISTEM INFORMASI DAN STRATEGI BISNIS



    Sistem informasi strategis, sistem komputer yang digunakan level organisasi untuk mengubah sasaran, pengoperasian, produk, jasa, atau relasi lingkungan untuk membantu organisai meraih keunggulan kompetitif.

    Keputusan strategi bisnis dari perusahaan tergantung pada:
    § Produk dan jasa yang dhasilkan perusahaan
    § Industri di mana perusahaan bersaing
    § Pesaing, pemasok, dan pelanggan dari perusahaan
    § Tujuan jangka panjang dari perusahaan

    Strategi level Bisnis: Model Rantai Nilai
    Strategi yang paling umum untuk level ini adalah:
    1.    menjadi penghasil produk dengan biaya produksi yang rendah
    2.    mendiferensiasikan produk dan jasa
    3.    mengubah lingkup persaingan baik dengan cara memperluas pasar sampai ke pasar global maupun dengan mempersempit pasar.

    Model rantai nilai, model yang memberi perhatian pada aktivitas primer dan pendukung yang menambah nilai bagi produk dan jasa perusahaan di mana sistem informasi paling baik diterapkan untuk mendapatkan keunggulan kompetitif.
    Aktivitas primer yaitu aktivitas yang langsung berhubungan dengan produksi dan distribusi produk perusahaan atau jasa. Sedangkan aktivitas pendukung adalah aktivitas yang memungkinkan pelaksanaan aktivitas primer. Terdiri dari infrastruktur organisasi, sumber daya manusia, teknologi, dan pengadaan.
    Nilai web mengacu ke jaringan pelanggan-terkendali pada perusahaan yang memanfaatkan teknologi informasi untuk mengkoordinasikan rantai nilainya agar secara kolektif menghasilkan produk atau jasa kepada pasar.

    Produk dan Jasa Sistem Informasi
    System yang menciptakan diferensiasi produk:
    §  Perusahaan dapat menggunakan IT untuk mengembangkan produk-produk berbeda.
    §  Menciptakan loyalitas merek dengan mengembangkan produk yang unik dan baru dan jasa
    §  Produk dan jasa tidak mudah diduplikasi oleh pesaing. Contohnya, Dell Corporation.

    Sistem yang Mendukung Ceruk Pasar
    Analisis intensif menggunakan data pelanggan untuk mendukung cara-cara baru menghubungi dan melayani pelanggan yang memungkinkan untuk mengembangkan pasar baru untuk produk atau jasa khusus. Contohnya, program frequent guest Hotel Wyndam

    Supply Chain Management dan Sistem Respon Pelanggan Efisien
    Sistem yang menghubungkan rantai nilai perusahaan ke rantai nilai pemasok dan konsumen. System yang secara langsung menghubungkan kembali perilaku konsumen ke distributor, produksi, dan supply chain. Contoh: Wal-Mart menghubungkan langsung pembelian pelanggan ke pemasok hampir saat itu juga. pekerjaan pemasok adalah untuk memastikan produk yang dikirim ke toko untuk menggantikan produk yang dibeli.

    IT pada level organisasi digunakan untuk menghindari beralihnya konsumen ke pemasok lain dan mengikat mereka pada perusahaan. Biaya penggantian adalah biaya yang dikeluarkan oleh pelanggan atau perusahaan untuk waktu dan sumber daya yang terbuang sewaktu berganti dari satu pemasok atau ke sistem pemasok atau sistem pesaing. Contohnya, Baxter International.

    Strategi level-perusahaan dan Teknologi Informasi
    Memperluas kompetensi inti, kegiatan di mana perusahaan unggul sebagai pemimpin kelas dunia. Sistem informasi mendorong berbagi pengetahuan di seluruh unit bisnis dan karena itu perusahaan meningkatkan kompetensi.

    Strategi level-industri dan Sistem Informasi: kekuatan-kekuatan kompetitif dan perekonomian jaringan. Perusahaan beroperasi di lingkungan lebih besar yang terdiri dari perusahaan lain, pemerintah, dan bangsa. Kemitraan informasi, aliansi kerjasama yang dilakukan oleh dua atau lebih perusahaan yang bertujuan berbagi informasi untuk memperoleh keuntungan strategis. Membantu perusahaan mendapatkan akses ke pelanggan baru, menciptakan peluang-peluang baru untuk cross-selling dan penargetan produk.

    Model lima kekuatan Porter
    Dalam lingkungan yang lebih besar, terdapat lima kekuatan utama atau ancaman:
    1.         Pasar baru pendatang
    2.         Produk dan jasa pengganti
    3.         Pemasok
    4.         Pelanggan
    5.         Perusahaan lain yang bersaing secara langsung

    Model kekuatan kompetitif, model yang digunakna untuk menjelaskan interaksi dari pengaruh-pengaruh eksternal, ancaman-ancaman khusus dan peluang-peluang, yang mempengaruhi strategi dan kemampuan organisasi dalam bersaing. Teknologi internet telah mempengaruhi struktur industri dengan
    §  Memberikan teknologi yang mempermudah para pesaing untuk berkompetisi dalam hal harga dan para pemain baru pada pasar.
    §  Meingkatkan informasi yang tersedia bagi pelanggan dalm hal harga sehingga meningkatkan bargaining powernya.
    §  Menurunkan kekuatan pemasok
    §  Barang-barang substitusi

    Ekosistem bisnis
    IT memainkan peran yang kuat dalam menciptakan bentuk-bentuk baru produk ekosistem bisnis. Ekosistem bisnis adalah jaringan pemasok, distributor, perusahaan outsourcing, perusahaan jasa transportasi, dan teknologi manufaktur yang saling berkaitan. Sebagai contoh, Microsoft: 1 milyar PC di seluruh dunia dan ratusan ribu bisnis bergantung pada platform Microsoft. EBay: Jutaan orang dan ribuan perusahaan bisnis menggunakan platform ini. Wal-Mart: Enterprise sistem yang digunakan oleh pemasok untuk meningkatkan efisiensi

    Jaringan Ekonomi
    Produk dan layanan IT menunjukkan efek jaringan yang kuat dan berpotensi menciptakan situasi "winner take all". Jaringan menyebabkan biaya yang dikeluarkan untuk menambah partisipan lainnya nol atau sedikit, sebaliknya keuntungan yang diperoleh bisa semakin besar. Bertentangan dengan hukum penurunan laba pada produk industri dan pertanian. Contohnya, Nilai dari Internet tumbuh secara eksponensial dengan kenaikan linier pengguna. Karena perangkat lunak tertentu dapat menjadi standar (seperti sistem operasi Windows atau Windows Office), orang bisa terkunci ke dalam standar dan nilai Windows tumbuh karena semakin banyak orang yang menggunakannya.

    Strategi yang bagus, menggunakan IT untuk membangun produk dan jasa yang menyebabkan efek jaringan. Peluang manajemen, Perusahaan menghadapi perkembangan IT berbasis peluang untuk mendapatkan keunggulan strategis.

    Tantangan Manajemen
    §  Beberapa perusahaan menghadapi rintangan besar dalam menerapkan sistem kontemporer.
    §  Setelah keuntungan tercapai, ada kesulitan dalam mempertahankan keunggulan.
    §  Organisasi sering tidak dapat berubah untuk mengakomodasi teknologi baru dengan cukup cepat

    Pedoman Penyelesaian melakukan analisis sistem strategis
    §  Memahami struktur dan dinamika persaingan industri dimana perusahaan beroperasi.
    §  Memahami rantai nilai bisnis, perusahaan, dan industri
    §  Mempertimbangkan bagaimana perusahaan dapat mengelola "peralihan strategis" sebagai usaha untuk menerapkan sistem yang memberikan keunggulan kompetitif.

Minggu, 27 November 2011

tugas minggu ke-10


1.       Metode-metode pendekatan sumber daya manusia adalah :
·         Pendekatan sumber daya manusia
Pengelolaan dan penyalahgunaan sumber daya manusia. Martabat dan kepentingan manusia tidak diabaikan.
·         Pendekatan manajerial
Analisis prestasi pekerja dan kehidupan kerja karyawan tergantung pada atasan.
·         Pendekatan sistem
Personalia merupakan subsistem dari sistem organisasi atau perusahaan, perlu dievaluasi dengan criteria besarnya kontribusi yang dibuat.
·         Pendekatan proaktif
Dapat meningkatkan kontribusi kepada karyawan, manajer dan organisasi melalui antisipasi pada masalah yang timbul.
2.       Organisasi membuat rancangan kompensasi bagi karyawannya berguna untuk :
·         Menarik karyawan yang cakap ke dalam organisasi
·         Memotivasi karyawan mencapai prestasi unggul
·         Mencapai masa dinas yang panjang
3.       Perbedaan analisis beban kerja dan analisis tenaga kerja adalah :
·         Analisis beban kerja, meliputi : peramalan penjualan (sales forecast), penyusunan jadwal waktu kerja dan penentuan jumlah tenaga kerja untuk membuat satu unit barang.
·         Analisis tenaga krja meliputi : menghitung jumlah tenaga kerja yang sesungguhnya dapat tersedia pada satu periode
4.       Tindakan-tindakan yang dilakukan karyawan jika terjadi ketidak sepakatan dengan perusahaan tempat mereka bekerja adalah sebagai berikut :
·         Boikot
·         Pemogokan
·         Penghasutan
·         Memperlambat kerja
5.       Hubungan yang mengatur antara tenaga kerja dengan manajer suatu perusahaan adalah :
·         Closed shop agreement
Hanya berlaku bagi pekerja yang telah bergabung menjadi anggota serikat (persatuan).
·         Union shop agreement
Mengharuskan para pekerja untuk menjasi anggota serikat untuk periode waktu tertentu.
·         Open shop agreement
Memberikan kebebasan pekerja untuk menjadi atau tidak anggota serikat kerja

tugas minggu ke-9


1.       Manajemen keuangan adalah  segala kegiatan manajemen yang berkaitan dengan aktifitas mencari dana dengan biaya seefisin mungkin dan aktifitas menggunakan dana seefektif mungkin.
Keputusan-keputusan manajer keuangan adalah :
·         Keputusan pembelanjaan (financing)
·         Keputusan pembiayaan (investasi)
·         Kebijakan deviden (deviden policy)
Kegiatan seorang manajer keuangan berkaitan erat dengan perencanaa, pengorganiasian, pengkoordinasian, dan pengendalian keuangan.
2.                      Capital budgeting adalah penggunaan dana atau modal yang waktu kembalinya lebih dari satu tahun (jangka panjang). Dengan kata lain berkaitan dengan keputusan investasi pada aktiva tetap.
Metode penghitungan capital budgeting adalah :
·         Metode average rate of return
·         Metode waktu pengambilan investasi
·         Metode net present value
·         Metode profitability index
·         Metode internal rate of return
3.       Alas an manajer keuangan mencari dana yaitu karena :
·         Untuk membiayai kegiatan perusahaan yaitu investasi
·         Membayar deviden kepada pemegang saham

tugas minggu ke-8


1.      Nilai waktu uang adalah  :
Nilai waktu dari uang yang berkaitan dengan nilai uang saat ini dan nilai uang yang akan datang, seperti investasi juga dapat dikatakan nilai waktu uang .

2.      Arti bunga jika seseorang menabung sejumlah dana di bank adalah :
Bunga bank diberikan kepada nasabah  agar dana yang tersimpan di tabungan dapat berkembang, sehingga nasabah semakin rajin menabung. Bunga tabungan biasanya dihitung tiap akhir bulan. Dan Biasanya, semakin banyak saldo yang mengendap bunga yang diberikan semakin tinggi .

3.      Maksud dari nilai waktu uang yang akan datang/ future value adalah :
Nilai waktu uang yang diterima sekarang lebih berharga dari uang yang diterima kemudian, dan tidak sama nilainya uang sekarang dan yang akan datang.

4.      Contoh soal untuk menjelaskan maksud dari nomer 3 adalah :
Ihlam menyimpan uang Rp. 10.000 di bank mandiri dengan suku bunga 5% pertahun. Jika ilham ingin mengetahui berapa uangnya setelah disimpan selama satu tahun dan brapa jumlahnya jika dia tidak mengambilnya selama 4 tahun ?

Jawab :  Uang pada tahun pertama :
                 Vn        = Po ( I + i)n
                      V1        = 1.000 (1 + 0,05)
                              = 1.000 (1,05)
                              = 1.050
              
                 Uang pada tahun keempat :
                 V5        = 1.000 (1 + 0,05)4
                              = 1.000 (1,05)4
                              =              1.215
Tabel perhitungan bunga :

Tahun
Jumlah awal (Po)
Dikalikan dengan (1 + i)
Jumlah akhir (Vn)
1
1.000
1,05
1.050
2
1.050
1,05
1.102
3
1.102
1,05
1.157
4
1.157
1,05
1.215

5.      Arti dari nilai tunai anuitas adalah :
Suatu pembayaran secara berkala setiap akhir tahun dengan sejumlah uang yang tetap selama waktu tertentu
Anuitas dapat digunakan untuk kegiatan sebagai berikut :
o   Pegadaian
o   Bursa efek
o   Bank