- Faktor-faktor lingkungan internal adalah:
o Penyedia
o Pelanggan
o Pesaing
o Tenaga
kerja
o Modal
o Alat
dan mesin
o Bahan
baku
o Sistem
informasi
Contoh
kasus :
Harga minyak dunia naik terjadi karena naiknya
permintaan bahan bakar pemanas selama musim dingin di utara dan pemogokan
baru-baru ini di Prancis yang mengakibatkan ditutupnya kilang-kilang minyak,
dan turunnya pasokan minyak dari Atlantik Utara.
Dan lemahnya dolar Amerika juga mendorong kenaikan harga, karena
minyak diperdagangkan dalam dolar.
Contohnya : perusahaan minyak,perusahaan
tambang kapur,perusahaan mebel,dll.
3.
Faktor produksi adalah :
o Men
: Tenaga kerja dan konsumen : tenaga kerja atau sumber daya manusia adalah
salah satu faktor produksi dalam perusahaan yang berperan sangat penting untuk
memproduksi suatu barang/jasa seperti hal nya konsumen yang membeli barang
produksi tersebut.
o Money
: Modal usaha : setiap usaha memerlukan modal untuk membiayai seluruh kegiatan
perusahaan.
o Materials
: Tanah dan sumber alam : tanah berfungsi sebagai tempat atau lokasi dimana
suatu perusahaan didirikan dan di jalankan sedangkan sumber alam merupakan
bahan baku dalam memproduksi suatu produk.
o Metode
: seperti ide,inisiatif produktif,pengambilan,keputusan resiko,semua kegiatan
seperti itu menggunakan metode2 khusus
dalam menentukannya.
4 4.
Perbedaan producer
oriented approach dan consumer oriented approach adalah :
·
Producer oriented approach
:atau pendekatan yang ber orientasi pada produsen yang di kelilingi atau di
pengaruhi oleh konsumen dan dilihat dari pasar penjual, contohnya : menjual barang/jasa.
·
Consumer oriented approach :
atau pendekatan yang ber orientasi pada konsumen dan di kelilingi atau di
pengaruhi oleh produsen dan siliha dari pasar pembeli, contohnya membeli barang/jasa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar