1.
Fungsi manajemen adalah :
-
Perencanaan (planning)
-
Pengorganisasian (organizing)
-
Pengarahan (directing)
-
Pengkoordinasian (coordination)
-
Pengawasan (controling)
Aplikasi dalam hidup
saya sebagai mahasiswa adalah
:
-
Perencanaan (planning)
Dalam
melakukan sesuatu saya harus melakukan perencanan sebelumnya,dalam hidup saya
contoh nya sebelum saya lulus dari SMA saya melakukan perencanaan terhadap masa
depan saya seperti jurusan apa yang akan saya ambil,universitas dimana saya
akan kuliah serta target pekerjaan yang saya akan kejar . manfaat dari
perencanaan adalah untuk menetapkan langkah2 yang akan kita ambil serta
tujuammya dan menjaga agar kita tidak melenceng dari jalur yang kita tetapkan.
-
Pengorganisasian (organizing)
Contohnya
dalam hidup saya apabila saya di beri tugas kelompok bersama teman2 makaa kami
akan melakukan pembagian tugas dalam mengerjakan tugas tersebut manfaat dari
peng organisasian adalah membuat kinerja kami lebih terartur dan lebh cepat
serta lebih mudah.
-
Pengarahan (directing)
Misanya
pada saat saya menjadi ketua kelompok dalam mengerjakan tugas maska saya akan
mengarahkan teman2 saya untuk bekerja sesuai bagian mereka serta mengingatkan
mereka agar tepat waktu dalam mengerjakannya,manfaat dari pengarahan adalah
tetap menjaga suatu kinerja para anggota tetap berjalan sesuai dengan perencanan
-
Pengkoordinasian (coordination)
Contohnya
tetap melakukan komunikasi dengan aggota kelompok daalam mengerjakan tugas agar
tidak terjadi kesalah pahaman atau mencegah suatu kesalahan,manfaat dari
pengcoordinasian adalah agar terjadi kesesuaian dari berbagai kepentingan dan
perbedaan.
-
Pengawasam (controling)
Misalnya
dalam kerja kelompok saya mengawasi anggota saya dalam mengerjakan tugas mereka
masing2 dan mengoreksi kesalahan2 mereka,manfaat dari pengawasan adalah untuk
memperbaiki penimpangan2 yang terjadi dalam suatu perencanaan.
2.
Latar belakang sejarah manajemen adalah :
Manajemen ilmiah
Sejak buku karangan Frderick W.
Taylor berjudul The Pinciples of Scientific Management, tahun 1911, Taylor
dikenal sebagai Bapak Manajemen ilmiah. Dalam bukunya Taylor mengemukakan
beberapa prinsip dalam melakukan pekerjaan, yaitu :
a.
Semua pekerjaan dapat
diobservasi dan dianalisis guna menentukan cara terbaik untuk menyelesaikannya
b.
Orang yang tepat untuk
memangku jabatan dapat dipilih dan dilatih secara ilmiah
c.
Kita dapat menjamin
bahwa cara terbaik tersebut diikuti dengan menggaji pemegang jabatan dengan
dasar insentif, yaitu menyamakan gaji dengan hasil kerjanya
d.
Menempatkan manajer
dalam perencanaan, persiapan, dan pemeriksaan pekerjaan
3.
Ciri2 dan keterampilan yang di
butuhkan oleh seorang manajer :
·
Berkaitan dengan kebutuhan
antar pribadi :
a.
Pemimpin lambang (figure head)
Diperlukan
untuk menjalankan sebuah kewajiban rutin yang bersifat legal dan sosial
b.
Pemimpin (leader)
Bertangung
jawab untuk memotivasi dan mengaktifkan bawahan.
c.
Penghubung (liaison)
Memelihara
suatu jaringan kontak luar yang berkembang sendiri yang memberikan dukungan dn
informasi.
·
Berkaitan dengan infromasi :
a.
Pemantau (monitor)
Sebagai
pusat syaraf informasi internal dan eksternal tentang organisasi.
b.
Penyebar (dissiminator)
Meneruskan
informasi yang di terima dari orang luar atau dari bawahan kepada anggota
organiasi
c.
Jurubicara (spokes person)
Meneruskan
informasi kepada orang luar mengenai rencana,kebijakan,tindakan dan hasil
organisasi berkaitan dengan pemgambilan keputusan.
·
Berkaitan dengan pengambilan
keputusan :
a.
Wirausaha (enterpreneur)
Mencari
kesempatan dalam organisasi dan lingkungannya serta memprakarsai “proyek2
perbaikan” untuk menimbulkan perubahan.
b.
Pengendali gangguan
(disturbance handler)
Bertanggung
jawab atas tindakan korektif bila organisasi menghadapi gangguan mendadak dan
penting
c.
Peng alokasi sumber daya
(resource alocator)
Bertanggung
jawab terhadap alokasi segala sumber daya organisasi.
d.
Perunding (negotiator)
Mewakili
organisasi dalam perundingan2 utama.
4.
Pengertian organisasi adalah :
-
Menurut Boone and Katz
Organisasi adalah Suatu
proses tersusun yang orang orangnya berinteraksi untuk mencapai tujuan.
3
elemen pokok organisasi adalah
:
1.
Interaksi manusia
2.
Kegiatan yang mengarah pada tujuan
3.
Struktur organisasi itu sendiri
Tidak ada komentar:
Posting Komentar