Minggu, 27 November 2011

tugas minggu ke-6


1.      Perbedaan pasar  dengan  pemasaran adalah sebagai berikut
·         Pasar 
Kelompok individual (perorangan maupun organisasi) yang mempunyai permintaan terhadap barang tertentu, berdaya beli dan berminat merealisasikan pembeliannya.
·         Pemasaran
Kegiatan pemasar untuk menjalankan bisnis (profit atau nonprofit) guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang atau jasa, menetapkan harga, mendistribusikan, serta mempromosikannya melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.

2.      Contoh dari pasar industri dan pasar penjual adalah sbagai berikut :
·         jenis pasar industry :
o   Pasar persaingan tidak sempurna adalah pasar dimana syarat – syarat persaingan tidak sempurna tidak terpenuhi.
o   Pasar monopoli adalah pasar yang terdapat satu pihak penjual yang menguasai
o   Pasar duopoly pasar yang terdapat dua pihak penjual yang menguasai
o   Pasar oligopli adalah suatu pasar yang terdapat beberapa penjual menguasai  ( 3- 10 penjual / produsen
o   Pasar persaingan monoplistis adalah pasar terdapat banyak penjual dalam suatu jenis  barang tertentu , tetapi tiap penjual memiliki cirri barang yang berbeda ( diferensiasi produk )
Contohnya adalah :
§  hypermarket,
§  pasar swalayan (supermarket),
§  minimarket.
§  Mall
§  NagaGiant

·         Contoh dari Pasar penjual adalah :

§  pasar Beringharjo di Yogyakarta,
§  pasar Klewer di Solo,
§  pasar Johar di Semarang.
§  Pasar tanah abang
§  Pasar senen
§  Pasar grogol
§  Pasar jatinegara

3.      Maksud dari konsep  inti  pemasaran adalah
Konsep pemasaran :
      Penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran dan pemberian kepuasan secara lebih efektif dan efisien dari yang dilakukan pesaing.

4.      4 variabel  bauran promosi adalah sebagai berikut :.

·         Promotion (promosi)
Berbagai kegiatan perusahaan untuk mengkomunikasikan dan memperkenalkan produk pada pasar sasaran. Variabel promosi meliputi antara lain sales promotion, advertising, sales force, public relation, and direct marketing.
·         Advertising ( periklanan )
Bentuk presentasi dan promosi non pribadi tentang ide, barang dan jasa yang dibiayai oleh sponsor tertentu bisa melalui iklan media masa yang ada atau iklan luar ruangan seperti pemasangan billboard, spanduk, dan poster.
·         Personal Selling ( tenaga penjualan individu )
Komunikasi langsung ( tatap muka ) antara penjual dan calon pelanggan untuk memperkenalkan suatu produk kepada calon pelanggan
·         Sales Promotion ( promosi penjualan )
Promosi penjualan meliputi beberapa kegiatan komunikasi yang mencoba untuk memberikan nilai tambah atau insentif kepada konsumen, atau pelanggan organisasi lain untuk merangsang penjualan langsung
·         Direct Marketing ( pemasaran langsung )
Suatu system pemasaran dimana organisai tersebut berkomunikasi langsung dengan target konsumennya untuk mendapatkan respon atau transaksi

5.      Beberapa alternatif  sistem  pemasaran yaitu :
·         kebutuhan primer
1)     Menambah jumlah pemakai dan
2)     Meningkatkan jumlah pembeli.
·         Kebutuhan Selektif
Mempertahankan pelanggan
1)     Memelihara kepuasan pelanggan
2)     Menyederhanakan proses pembelian
3)     Mengurangi daya tarik atau jelang untuk beralih merk
Menjaring pelanggan (Acquistion Strategier)
1)     Mengambil posisi berhadapan (head – to heas positioning)
2)     Mengambil posisi berbeda (differentiated positin)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar